Monday 28 September 2015

Rokok Sama Dengan NAPZA

NAPZA adalah singkatan dari : Narkotika, Ekstasi, Psikotropika dan Zat Adiktif lainnya. Sedang NARKOBA, adalah nama lain yang lebih populer di masyarakat, yaitu singkatan dari Narkotika dan Bahan/Obat Berbahaya.

Apa jenis-jenis napza ?
(1)Bunga dan buah opium; (2) Heroin/Putaw; (3) Butiran morphine; (4) Opium kering; (5) Ekstasi; (6) Rohipnol; (7) Kokain; (8) Daun koka; (9) Shabus habu; (1 0) Bunga dan buah koka; (11) LSD; (12) Daun ganja; (13) ganja; (14) Amphetamine; (16) Inhalansia (Lem, Tinner); (16) Tembakau/Rokok; dan (17) Alkohol.

Bagaimana Dampak Buruk Penyalah Gunaan NAPZA ?
*Kerusakan organ vital, termasuk otak, jantung, paru-paru, hati, ginjal, dan organ reproduksi; 

*Keracunan, dengan berbagai tanda dan gejala seperti: mual, muntah, pusing, kejang, gemetar,
jantung berdebar, nyeri dada, denyut jantung meningkat, suhu badan naik, tekanan darah tinggi, pupil melebar, sampai koma (catatan: setiap jenis NAPZA dan dosis yang digunakan mempunyai dampak keracunan berbeda). 

*Gejala putus obat, seperti: mual, muntah, diare, mengantuk, pilek, bersin, mata berair, tekanan darah naik, ritme pernafasan meningkat, suhu badan naik, gemetar, hilang selera makan, sulit tidur, jantung berdebar, lemas, kejang lambung, impotensi, gangguan jantung dan ginjal, gangguan paru-paru dan saluran pernafasan (catatan: setiap jenis NAPZA menimbulkan gejala putus obat yang berbeda). 

*Sakauw, yaitu keadaan penderitaan sakit sekali sekujur tubuh, gabungan dari rasa sakit/nyeri yang hebat, yang juga disebabkan karena gejala putus obat khusus (misalnya heroin/putaw). 

*Gangguan psikis, seperti: gelisah, cemas, takut, curiga, waspada berlebihan, ketakutan berlebihan, panik, bingung, mudah tersinggung, depresi, gembira berlebihan, agresif, gangguan daya ingat (mudah lupa), gangguan nalar dan konsentrasi, banyak bicara, gangguan kesadaran dan perilaku. 

*Kehidupan sosial memburuk: Prestasi sekolah mundur bahkan bisa berhenti sekolah; hubungan keluarga memburuk, bahkan bisa mengarah pada perbuatan kriminal karena mencuri untuk membeli NAPZA.

Merokok
Penting untuk diingat ya, rokok itu terasuk NPZA lho, yang bisa menyebabkan ketagihan (Adiksi) dan berbahaya bagi kesehatan.

Racuan apa saja sih yang ada dalam rokok ?
Sebatang rokok mengandung 4000 bahan kimia... hiii..kayak pabrik kimia aja yah. Zat-zat yang paling berbahaya diantaranya aclalah nikotin, TAR dan karbon monoksida (CO). bahan tersebut terbukti menyebabkan kanker. Nikotin dapat merusak jantung dan bisa menyebabkan perokok menjadi kecanduan, Tar dapat menyebabkan kanker, dan CO dapat mengakibatkan otak, jantung dan organ tubuh lainnya menjadi kekurangan oksigen.

Apakah asap rokok berbahaya juga ?
Karena mengandung amonia (bahan yang dipakai untuk membersihkan toilet), sianida (bahan yang dipakai untuk membunuh tikus), dan formaldehida (bahan yang dipakai untuk mengawetkan kodok mati)..iih sereeem…

Jadi kita yang tidak merokok tapi mengisap asap rokok dan orang sekitar yang merokok maka kita juga akan TERKENA BAHAYA MEROKOK.

Bagaimana cara kita menghindari NAPZA termasuk rokok ?
  • Menerapkan kehidupan beragama dalam kehidupan sehari-hari.
  • Memahami diri sendiri dan mampu mengelola emosi dan perilaku dengan baik
  • Percaya diri
  • Berpikir dan bersikap positif terhadap keberadaan diri dan orang lain.
  • Memahami fakta bahaya penyalahgunaan NAPZA sehingga kita berpikir untuk TIDAK AKAN PERNAH mencoba menggunakan NAPZA, termasuk rokok.
  • Tingkatkan kemampuan dalam berkomunikasi secara efektif terhadap teman sebaya dan orang dewasa sehingga kita mampu berkata TIDAK apabila ada yang menawari atau mengajak menggunakan NAPZA, termasuk rokok.
  • LAPORKAN kepada guru kalau ada yang menggunakan atau mengedarkan NAPZA di sekolah.
  • TEGUR kalau ada yang merokok di sekolah atau di lingkungan sekitar kita termasuk di rumah.
  • Pilih dan bergaullah dengan teman yang baik-baik, yang tidak merokok dan tidak menunjukkan gejala menggunakan NAPZA.
  • Lakukanlah kegiatan yang bermanfaat (olah raga, membaca, kesenian, dan sebagainya).
BERPRESTASI TANPA NAPZA, NAPZA DAPAT MERENGGUT MASA DEPAN KITA..!!

0 comments:

Post a Comment