Saturday 19 September 2015

Tips Sederhana Mengatasi Kekurangan Vitamin

Vitamin adalah zat organik yang dibutuhkan tubuh dengan kadar yang sedikit -bila dibandingkan dengan zat-zat makanan yang lain-. Tubuh bekerja menghasilkan sedikit dari Vitamin ini, sementara kebanyakannya didapatkan dan sumber-sumber gizi nabati dan hewani.

Vitamin memiliki arti penting dan vital bagi tubuh manusia. Jika salah satu jenis Vitamin mengalami kekurangan, maka akan muncul gejala penyakit yang ditimbulkan oleh kekurangan Vitamin-vitamin ini.

Kelebihan mengonsumsi Vitamin juga dapat berimplikasi gejala sakit (sebagaimana akan kita jelaskan nanti, insya Allah).

Tubuh manusia membutuhkan banyak Vitamin dan mineral agar organ-organ tubuh dapat melaksanakan fungsi-fungsi vitalnya secara keseluruhan. Cara terbaik untuk memperoleh berbagai Vitamin yang dibutuhkan tubuh adalah, dengan makan makanan pokok tiga kali sehari yang seimbang komposisi dan unsur Vitaminnya.

Akan tetapi orang-orang pada zaman sekarang -zaman serba instant-, akibat dari penat, banyak kesibukan, tersedianya makanan-makanan cepat saji, goncangan psikologis dan emosional, semua ini menghalanginya dari memperoleh makanan-makanan vital yang dibutuhkannya.

Adanya makanan cepat saji, seperti sandwich dan roti-rotian walaupun mampu membeni tubuh pasokan kalori yang sangat tinggi melebihi kebutuhan yang sebenamya, tetapi kadang tidak memasok Vitamin-Vitamin yang dibutuhkan.

Kita tidak bisa menganggap Vitamin sebagai sesuatu yang bersifat hiburan dan pilahan, yang dapat diambil dan ditinggal mana saja yang disuka. Tidak, justru Vitamin adalah unsur vital yang harus terpenuhi untuk mendapat kesehatan sempurna. Tubuh selalu sangat butuh kepada Vitamin dan mineral untuk pertumbuhan dan reparasi jaringan sel serta memelihara kesehatan tulang, syaraf, kulit, dan darah.

Bahan-bahan makanan yang baik, seimbang, dan dengan kadar yang pas serta memadai, mencakup semua kebutuhan tubuh berupa Vitamin dan mineral. Tetapi permasalahan muncul manakala seseorang mengambil makanan hanya asal comot, tanpa dipilih. Di sini terlihat kelemahan yang nyata dalam memberikan dan mengadakan unsur-unsur vital yang dibutuhkan tubuh.

Permasalahan yang paling jelas dalam cara pemenuhan gizi manusia, dan yang dihadapi banyak orang adalah, berlebih-lebihan dalam mengonsumsi makanan-makanan yang sebenarnya harus mereka kurangi (seperti makanan-makanan yang mengandung lemak dan gula), bahkan sebagian mereka mengonsumsi makanan-makan pelengkap (kapsul Vitamin). Akan tetapi, tentunya yang seperti ini tidak cukup untuk mewujudkan keseimbangan gizi yang seharusnya.

Harus kami sebutkan di sini, bahwa Vitamin bukanlah makanan atau obat untuk mengobati penyakit. Tetapi merupakan faktor yang membantu tubuh untuk melaksanakan berbagai fungsinya yang bermacam-macam. Secara kesehatan, seseorang tidak dibenarkan sembarangan mengonsumsi apa saja dan segala sesuatu disertai mengonsumsi kapsul Vitamin. Karena terdapat beberapa masalah yang susah untuk diketahui dan ditentukan bagaimana dan sejauh mana kegunaan mengonsumsi Vitamin. Karena tidak setiap Vitamin yang dikonsumsi oleh seseorang berguna untuknya.

0 comments:

Post a Comment