Saturday 10 October 2015

Rahasia Awet Muda

Bagi mereka yang umurnya antara tiga puluh (30) tahun dan empat puluh (40) tahun, bisa kelihatan lebih muda enam (6) tahun dari umur yang sebenarnya.

Bagi orang-orang yang berumur lima puluh (50) tahun ke atas, keawetmudaannya malah bisa membuat jauh lebih muda, sekitar antara lima belas (15) tahun.

Pada umumnya efek-efek usia belum kelihatan bagi orang-orang yang berusia pada usia tiga puluh (30) tahun ke bawah. Kecuali pada orang-orang (ertentu yang mengalami penyakit parah atau penyakit serius yang membuat dirinya kelihatan tua.

Banyak orang tidak menyadari, bahwa sejak dilahirkan proses penuaan pada manusia sudah berjalan dan berjalan terus. Bahwa sesungguhnya manusia itu sejak lahimya semakin lama sudah semakin tua, namun efek ketuaan belum kelihatan, karena usia masih muda sekali. Cobalah perhatikan, orang yang berumur 10 tahun, tidaklah kelihatan tua, 10 tahun kemudian ketika dia berumur 20 tahun. ini adalah karena usia dua puluh (20) tahun manusia itu masih tergolong muda. Jadi efek ketuaan belum banyak bicara dan tidak pernah dibicarakan orang pada usia sedemikian. Lagi pula pada usia muda tersebut, tubuh manusia masih mempunyai proses reparasi yang kuat sekali.

Tubuh manusia itu terdiri dari berjuta-juta sel. Setiap sel umurnya terbatas sekali, sekitar dua (2) tahun atau kurang. Kemudian sel-sel tersebut bereproduksi sendiri (proses yang dinamakan mitosis, atau dobel), lalu mail. itulah sebabnya semakin tua seseorang dengan pelahan semakin hari semakin tua, karena secara pelahan-lahan sel dalam tubuhnya dengan pelahan juga berubah.

Rata-rata setiap manusia melalui lebih kurang lima puluh (50) kali pergantian sel-sel dobel di dalam hidupnya. Setiap kali berganti setiap kali pula dia berubah. Sementara sel-sel itu berubah dan menjadi semakin kendur, dan orang lalu semakin tua. Usia tua adalah jumlah total dari proses degenerasi pertukaran sel-sel di dalam tubuh, tetapi apa yang sebetulnya terjadi adalah: “Semakin kendurnya sel-sel individu di dalam tubuh”

Jadi proses tua itu adalah karena kendurnya sd-sel di dalam tubuh kita. Hal inilah yang dicoba manusia untuk membuatnya sehat dari pengenduran atau penuaannya diperlambat atau ditunda. Membuatnya sehat dan segar kembali dengan berbagai usaha dan cara. Beberapa usaha yang dapat dilakukan untuk mencapai awet muda adalah:

1. Memberi makanan yang menyehatkan kepada tubuh/sel-sel yang akan dapat memperbaikinya dengan langsung. Terutama mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung nudeic acid. Nudeic acid ini sangat penting peranannya di dalani tubuh, ia bertugas membangun/membentuk sel-sel baru, berhubungan erat dengan RNA (ribo nudeic acid), yaitu bahan kimia yang melaksanakan semua tugas-tugas DNA. Demikian menurut Dr. Frank. Dr. Frank (Dr. Benjamin Frank) dan New York - Amerika Serikat, ia menambahkan bahwa makan atau makanan dapat mempengaruhi/membuat orang awet muda. Ia mengumumkan penemuannya yang terbaru untuk berdiet/mengatur makan agar dapat menahan atau menunda proses tua pada manusia. Menurut dia, sistem makanan yang baru ciptaannya baik dikonsumsi, karena berisi factor-faktor nutrisi yang fondamental sekali untuk hidup setiap orang. Tunggu sebentar lagi akan masuk pasar setiap negara di dunia.

2. Di dunia timur, banyak juga para pakar dan para leluhur berpendapat, tentang makan atau makanan yang dapat membuat manusia awet muda. Filsafatnya yang paling populer adalah: “Manusia itu tergantung apa yang dimakannya”. Makanan mempengaruhi banyak aspek dalam kehidupan manusia. Tidak saja dapat membuat awet muda, namun juga dapat mempengaruhi pertumbuhan tubuh dan watak serta karakter. Bahkan ada juga diantara obat-obat tertentu pada penyakit tertentu dapat membuat orang bahkan menjadi cepat tua. Membuat kulit cepat menua dan mengendur. Begitu juga terhadap penyakit-penyakit berat yang senus, dapat membuat orang lebih tua daripada umur yang sebenamya. Begitu banyak faktor yang dapat membuat manusia menjadi tua, tentang ini akan kita bahas pada kesempatan lain.

Di timur termasuk Indonesia sudah sejak lama berpendapat, bahwa pada umumnya orang-orang yang banyak makan, banyak tidur dan pemalas adalah factor yang membuat orang cepat tua. Untuk itu orang dianjurkan tidak makan berlebihan banyak memakan buah dan sayur-sayuran. Buah dan sayur-sayuran membuat kulit menjadi halus dan wajah kelihatan lebih segar dan bercahaya, sehingga kelihatan lebih muda. Kunci dasarnya adalah kesehatan. Orangyang sehat dan jarang sakit orang tersebut akan awet muda dan kelihatan muda dibanding dengan umur yang sebenamya.

3. Pola hidup teratur adalah salah satu usaha dalam mencapai kesehatan dan awet muda. Kebanyakan tidur sama jeleknya dengan kekurangan tidur. Sebaiknya tidak banyak bergadang malam. Banyak bergadang membuat muka pucat, kurang darah dan tidak segar. Sebaiknya berangkat tidur jam sepuluh atau jam setengah sebelas malam, dan bangun pada subuh hari. Minum air putih segelas besar sehabis subuh adalah baik untuk ginjal dan kesehatan. Kemudian biasakan senam atau olah raga ringan sehabis subuh. Biasakan makan teratur dan tidur teratur.

4. Tidak mengkonsumsi alkohol. Begitu juga rokok rokok dapat mempercepat penuaan kulit pada wajah dan tidak baik untuk kesehatan. Alkohol dan sejenisnya tidak saja hanya merusak tubuh secara fisik, namun juga merusak syaraf-syaraf otak. Membuat orang lupa daratan dan otak tidak normal, merusak moral. Membuat orang kehilangan kontrol diri.

5. Tidak jadi orang pemalas. Kunci atau rahasia awet muda yang lain adalah rajin bekerja. Rajin bekerja membuat peredaran darah lancer, otot-otot tidak kaku dan menjadi kuat dan berdaya tahan. Orang pemalas, tubuhnya lemah dan bawaannya lemas. Dan itu jangan biarkan diri menganggur. Bila kebetulan menyendiri, jangan menganggur, cari pekerjaan apa saja, sibukkan diri dengan pekerjaan. Sebaliknya bila menganggur, jangan menyendiri, bergaullah cari teman dan bermasyarakatlah. Mengnggur, dan menyendiri adalah tidak baik untuk pikiran dan kejiwaan, dan bila pikiran dan kejiwaan tidak sehat itu dapat membuat diri cepat tua.

6. Jangan berhati busuk. Pandanglah dunia ini dengan positif, jangan selalu berprasangka buruk Kembangkan sifat berpikir positif di dalam diri. Orang yang berhati busuk, jarang bermuka manis, mukanya selalu keruh, kerjanya memfitnah dan menjelek-jelekkan orang. Orang yang berhati busuk berarti otaknya ikut kotor. Niatnya selalu jelek, prasangkanya selalu jelek, dan berpikirnya selalu negatif, dan ini adalah gejala penyakit kejiwaan, yang bila dibiarkan berkembang adalah akan membuat orang cepat tua.

1 comment:

  1. minum sebanyak mungkin air putih adalah cara hidup sehat yang murah, mudah dan ampuh untuk menjaga kesehatan sel dan organ tubuh dan mempertahankannya senantiasa awet muda. Ini rahasia awet muda paling murah

    ReplyDelete