Monday 5 October 2015

Tips Diet Setelah Melahirkan

Walaupun terasa bahagia saat menimang anak, ada satu kegelisahan yang sering menyelinap dalam hati para ibu, yaitu cara untuk menurunkan kembali berat badan ke berat semula. Hal ini memang sering menjadi momok bagi setiap ibu usai melahirkan.

Namun bila melakukan diet, apakah baik bagi kesehatan ibu dan anak?
Kenaikan berathingga 10-15 kg bukan merupakan hal yang mudah untuk ditanggulangi. Namun jangan dulu patah arang karena ada trik khusus untuk menyiasatinya, yaitu:

1. Menyusui
Bagi Anda yang menyusui, bergembiralah. Karena menyusui merupakan salah satu cara cepat menuju berat badan semula seperti sebelurn hamil. Pada saat menyusui, secara otomatis tubuh akan membakar sekitar 500 kalori per harinya.

2. Asupan Makanan

Asupan makanan pasca melahirkan tetap harus diperhatikan dengan baik. Sebaiknya perbanyak makan sayuran, buah-buahan dan makanan rendah lemak, namun bukan berarti Anda tidak mengkonsumsi lemak sama sekali. Anda dapat memilih daging yang sudah dibuang bagian lemaknya. Bila Anda senang mengudap, sebaiknya menyimpan beberapa jenis kudapan yang memiliki kandungan bergizi agar berat tubuh pun tetap terjaga, seperti yogurt rendah lemak atau biskuit rendah lemak. Dengan begini Anda tidak akan tergoda untuk mengudap makanan ringan lain yang biasanya banyak mengandung garam dan tidak memiliki kandungan yang bergizi. Selain itu, jangan lupa untuk banyak minum air putih.

3. Olahraga
Banyak sekali jenis olahraga yang bisa dilakukan oleh ibu setelah melahirkan. Tak perlu jauh-jauh berpikir jenis olahraga yang ada di Gym, kegiatan sehari-hari mengurus anak seperti memandikan atau menyuapi anak sudah dapat membuang banyak kalori. Mengajak anak jalan-jalan dengan kereta bayi setiap pagi atau sore selama kurang lebih satu jam dapat membakar sekitar 200 kalori. Selain itu berenang atau yoga juga baik bagi kesehatan tubuh dan dapat melatih seluruh otot tubuh.

Tentu saja olahraga ini tidak bisa dimulai tiba-tiba dan diperlukan jarak tertentu dari sejak waktu melahirkan. Waktu yang dianggap cukup untuk memulai olahraga adalah sekitar 2-3 bulan pasca melahirkan dimana tubuh pun sudah lebih kuat.

Satu hal yang harus diingat saat diet adalah menurunkan berat badan bukanlah proses instan. Diperlukan kesabaran yang diikuti dengan pola makan seimbang dan olahraga secara kontinyu untuk mendapatkannya tanpa mempengaruhi kualitas ASI maupun kesehatan Anda.

0 comments:

Post a Comment