Monday 24 August 2015

Kiat Merawat Rambut Yang Efektif

Banyak wanita menyangka bahwa memijat, menyisir, lalu memakai minyak rambut dan lainnya, adalah satu-satunya cara yang cukup untuk memeithara dan merawat rambut. ini merupakan pandangan yang salah, karena cara ini saja tidak cukup untuk merawat dan memeliharanya. Perlu diperhatikan di samping hal-hal di atas, pangkal dan akar rambut, dengan cara berikut:

1. Menjaga keseimbangan makanan yang mengandung vitam in A, kalsium, protein, dan zat besi, khususnya pada saat menyusui dan penyembuhan, serta menghindari bergadang dan beban berat. 

2. Menjaga kondisi kesehatan dan kejiwaan. Karena rambut merupakan bagian dari anggota tubuh yang hidup; dia akan dipengaruhi oleh kondisi kesehatan dan kejiwaan, sebagaimana telah kita kemukakan.

3. Harus diperhatikan dengan serius, agar mencuci rambut sekali atau dua kali dalam seminggu. Tidaklah benar bahwa mencuci rambut berimplikasi pada kerontokan. Sangat baik sekali pemijatan rambut -setelah mandi dan dikeringkan dengan menggunakan minyak zaitun secara merata pada seluruh bagian kulit kepala.

Memijat kulit kepala selama lima menit setiap hari dapat memperlancar aliran darah kulit kepala, tapi dengan syarat pijatan ini dilakukan dengan lembut. Karena bila pijatan dilakukan dengan kasar/keras dapat menjadikan rambut putus. Dan perlu diperhatikan ketika merapikan rambut, hendaklah menggunakan sisir yang berujung bundar (tumpul) serta lembut. Dalam masalah ini, menggunakan sikat rambut lebih bagus daripada menggun akan sisir.
 
4. Apa yang kita sebutkan tadi, perlu kita terapkan pula ketika mengecat atau menyemir rambut, atau ketika menggunakan bahan kimia untuk meluruskan dan merapikan rambut.
 
5. Pada saat menggunakan jenis shampo yang berbeda-beda, jangan gunakan sembarang shampo. Tapi pilih jenis shampo yang sesuai dengan tipe rambut Anda. Secara umum, shampo yang bagus adalah yang tidak menjadikan rambut sangat kering setelah dicuci, sehingga akan membuat rambut rentan putus. Inilah yang menyebabkan alergi dan peradangan pada kulit yang dikenainya.

Apabila kepala Anda termasuk tipe kepala berminyak, disarankan agar menggunakan shampo yang mengandung belerang (sulfur). Sementara pemilik rambut kering, cocoknya menggunakan shampo yang mengandung lanolin. Secara umum, disarankan agar tidak menggunakan jenis shampo yang mengandung bahan kimia, kecuali ketika terjadi pengelupasan pada kulit kepala (ketombe), maka disarankan agar berkonsultasi kepada dokter untuk menentukan jenis shampo yang tepat. 

6. Sebaiknya memilth sikat rambut yang lembut untuk merapihkan rambut, dan apabila Anda menggunakan sisir dalam merapikan rambut, pastikan jari-jari sisir tidak tajam dan tidak sempit. 

7. Jangan percaya pada berbagai iklan produsen-produsen kosmetik yang berlebih-lebihan dalam mengiklankan bahan penguat rambut dan semir, karena kebanyakan tidak memiliki khasiat. 

Apabila rambut Anda butuh dikuatkan, atau rontok dalam skala besar, baiknya berkonsultasi pada dokter.

0 comments:

Post a Comment