Monday 24 August 2015

Penyebab Gatal Pada Daerah Kewanitaan Dan Cara Mengatasinya

Diantara problem yang menimpa kaum wanita, baik yang sudah berkeluarga maupun yang belum, yaitu rasa ingin meng-garuk atau gatal pada daerah sensitif. Problem yang menjadikannya tersiksa dan capek, terlebih lagi apabila ia bekerja di luar rumah di tempat umum. Di sini, keadaan menghalanginya menjangkau daerah yang gatal dan berubah memendam emosi. Bahkan juga menjadikannya capek dan tersiksa dalam tidur malamnya. Menyebabkannya kehilangan tidur nyenyak yang panjang. Di samping bisa menyebabkan luka dan lecet pada daerah-daerah ini. Sungguh, 10% problem yang dikeluhkan para wanita bers umber dan rasa gatal ini.

Macam-macam gatal

Gatal-gatal pada daerah-daerah sensitif, terbagi menjadi dua macam:
Pertama, gatal yang disertai cairan, 80% gatal-gatal yang dihadapi kaum wanita masuk dalam kategori ini.
Kedua, gatal yang tidak disertai cairan, gatal jenis ini adalah 20% dari problem gatal-gatal yang dihadapi kaum wanita.

Jenis pertama, gatal yang disertai cairan vagina. Penyebabnya adalah terjangkit jamur pada organ reprod uksi. Dalam kondisi mi harus dilakukan pemeriksaan serius yang dilakukan oleh dokter untuk menentukan pengobatan yang semestinya.
Jenis kedua, gatal yang tidak diserta cairan.

Jenis mi disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya:

1. Terjangkit sebagian jenis penyakit kulit, di mana jamur menyerang daerah paha dan merambah hingga menyerang organ reproduksi.

2. Terjangkit cacing benang pada anus
Penyakit ini akan dengan mudah merambah sampai ke daerah kemaluan wanita, terutama pada wanita yang tidak memperhatikan cara sehat yang mem enuhi standar kebersthan, sehingga cacing ini akan berpirndah dari anus ke kemaluan wanita.

3. Pada sebagian keadaan, gatal-gatal ini disebabkan kekurangan vitamin dan anemia

Bila gizi kurang atau buruk, maka akan muncul rasa gatal pada tubuh, misalnya ketika kekurangan vitamin A, B2 atau B12, atau zat besi, atau asam folat (folid acid). Begitu juga pada kondisi diare kronis, di mana selama itu tubuh kehilangan sejumlah besar vitamin dan unsur tubuh.

4. Sebagian penyakit-penyakit lainnya

Rasa gatal pada organ luar reproduksi adakalanya disebabkan oleh gejala penyakit lain, misalkan wanita yang mengalami penyakit gula (diabetes), sebagai pengaruh dan peningkatan kadar gula darah. Apabila penyakit ini berhasil disembuhkan, gejala-gejalanya pun akan hilang secara total. Sebagaimana gejala gatal juga akan muncul akibat penyakit liver, kekurangan getah lambung, keracunan urine, rahim jatuh (prolaps uteri), atau v*gina jatuh (prolaps v*gina). Dengan menyembuhkan penyakit-penyakit ini, rasa gatal akan segera hilang.

5. Alergi
Seringkali para wanita memakai obat-obatan, salep, atau cairan pembersih tanpa terlebih dahulu berkonsultasi kepada dokter, tanpa mengetahui dirinya alergi dengan obat-obatan seperti ini, sehingga ia menderita eksim dan gatal-gatal. Bahkan hingga jenis sabun, bahan pembersih kemaluan wanita, dan cat kuku, semua ini bisa memicu gatal-gatal pada kaum wanita tanpa ia sadari.

Maka kami sarankan agar saudari tidak menggunakan semb arang obat, salep, atau cairan pembersih apa pun sebelum berkonsultasi dengan dokter.

6. Kondisi kejiwaan
Gatal akibat gangguan psikologis bisa menimpa seluruh anggota tubuh, namun daerah yang paling banyak terjangkit adalah daerah-daerah sensitif pada tubuh. Goncangan-goncangan jiwa akibat panjangnya masa pertunangan atau akibat hasrat yang sangat kuat untuk melakukan hubungan s*ks berdampak pada rasa gatal yang sangat. Sebagaimana gatal-gatal pada kemaluan wanita juga dipastikan akibat masturbasi, dimana perbuatan mi kadang juga terpaksa dilakukan sebagai pelarian dan ketidakpuasan seksual yang diakibatkan oleh kehidupan suami-istri yang tidak harmonis.

7. Terjangkit parasit

Apabila kebersihan dan sikap hati-hati tidak diperhatikan, wanita kadang akan dijangkiti kutu bulu kemaluan yang disertai oleh rasa gatal pada daerah-daerah yang terjangkiti.

Kiat penyembuhan

Diagnosa yang tepat serta teliti untuk mengetahui sebab rasa gatal melálui perantara dokter merupakan solusi pertama untuk menentukan jenis penyembuhan yang tepat didalam mengatasi gatal-gatal ini, karena lebih dan 95% problem gatal-gatal pada kemaluan wanita bisa disembuhkan secara total melalui diagnosa secara tepat dan pengobatan dini.

Di sini kami nasihatkan dengan beberapa nasihat berikut:
  1. Memperhatikan kebersihan diri dengan serius.
  2. Menghindari memakai cairan pembersih, obat-obatan, cairan pencuci, dan salep sebelum melakukan konsultasi dengan dokter.
  3. Menghindari pakaian-pakaian ketat dan yang dibuat dari bahan nilon, serta agar sering mengganti pakaian dalam.
  4. Harus berkonsultasi kepada dokter ketika gatal muncul. Melakukan diagnosa dini dan pengobatan dini merupakan cara paling cepat untuk bebas dari gatal dan gangguannya. Melakukan diagnosa secara teliti merupakan faktor pertama untuk menentukan cara pengobatan yang semestinya dan tepat.

1 comment:

  1. Gatal pada tubuh sebenarnya kesalahan kita sendiri. Kuman, gatal-gatal pada kulit, karena kitanya yang malas merawat kulit tubuh.

    ReplyDelete