Saturday 19 September 2015

Faktor Penyebab Kurus Dan Tips Mengatasinya

Sebagian remaja putri cenderung gemuk pada usia peburtas, sementara sebagian yang lain, badan mereka cenderung kurus. Semua remaja putri memimpikan dirinya cantik, langsing, dan memiliki postur yang indah. Di sini harus dibedakan antara “langsing” dan “kurus.

Kurus adalah, kurangnya berat badan dari batas ideal dengan prosentase 20%. Hal itu disebabkan kekurangan sel lemak yang terdapat dalam tubuh, atau kekurangan kadar lemak yang terdapat dalam sel tubuh.

(Telah kita sebutkan di postingan sebelumnya sebuah jadwal (diagram) yang menjelaskan berat badan yang ideal bagi setiap remaja putri sesuai tinggi dan umurnya) diagra bisa dilihat di postingan Komplikasi Penyakit Akibat Obesitas

Badan kurus disebabkan oleh banyak faktor, di antaranya:
1. Faktor genetika; di mana faktor gen memainkan peran besar dalam bentuk dari postur badan. 

2. Faktor penyakit; ada beberapa jenis penyakit yang menjadi penyebab kekurusan, di mana dalam situasi-situasi tersehut seseorang mengonsumsi porsi makanan yang tepat, hanya saja, tetap terlihat adanya kekurangan yang signifikan dalam berat badan. Semua ini disebabkan terserang penyakit seperti diabetes melitus atau gangguan pada sebagian kelenjar endokrin. Seperti kelebihan produksi kelenjar gondok, atau kekurangan produksi kelenjar ginjal, diare kronis, lecet lambung; tuberculosa, demam, dan gagal ginjal.

Orang yang sakit kadang-kadang mengeluhkan tidak selera sama sekali terhadap makanan. Ini disebabkan oleh radang lambung atau lecet lambung, radang umbai cacing, radang jantung, radang pankreas, dan radang empedu, dan beberapa penyakit kelenjar endokrin.

3. Faktor psikologis; terutama depresi dan syaraf tegang, hilang atau rusaknya sistem syaraf selera, dan gangguan-gangguan psikologis serupa yang umumnya dipenuhi oleh hilangnya selera serta berat badan sedikit demi sedikit berk urang.

Kiat mengatasi kekurusan
Pertama, hendaklah datang ke dokter dan lakukan pemeriksaan umum untuk mendeteksi sebab-sebab kekurusan serta menentukan obatnya jika faktor penyebabnya adalah penyakit.

Kedua, menjalani pola gizi yang tepat dan seimbang, untuk mengganti unsur-unsur tubuh yang hilang.

0 comments:

Post a Comment