Sunday 18 October 2015

Khasiat Adas (Tanaman Obat)

Adas menghasilkan minyak adas, yang merupakan basil sulingan serbuk buah adas yang masak dan kering. Ada dua macam minyak adas, manis dan pahit. Keduanya, digunakan dalam industri obat-obatan. Adas juga dipakai untuk bumbu, atau digunakan sebagai bahan yang memperbaiki rasa (corrigentia saporis) dan mengharumkan ramuan obat. Biasanya adas digunakan bersama-sama dengan kulit batang pulosari. Daunnya bisa dimakan sebagai sayuran. Perbanyakan dengan biji atau dengan memisahkan anak tanaman.

Nama Lokal :
Hades (Sunda), adas, adas londa, adas landi (Jawa), Adhas (Madura), adas (Bali), wala wunga (Sumba), Das pedas (Aceh), adas, adas pedas (melayu), Adeh, manih (Minangkabau); paapang, paampas (Menado); Popoas (Alfuru), denggu-denggu (Gorontalo); Papaato (Bud), porotomo (Baree), kumpasi (Sangir Talaud), Adasa, rempasu (Makasar), adase (Bugis), Hsiao hul (China), phong karee, mellet karee (Thailand), Jintan Manis (Malaysia) barisauni, madhurika (lnd./Pak.)1 Fennel, Commaon fennel, sweetfennel, fenkel, spigel.

Penyakit Yang Dapat Diobati
Sakit perut (mulas). perut kembung, mual, muntah, ASI sedikit, diare, sakit kuning Caundice), kurang nafsu makan, batuk, sesak napas (Asma). nyeri haid, haid tidak teratur, rematik, susah tidur (insomnia), buah pelir turun (orchidoptosis), kolik, usus turun ke lipat paha (hernia inguinalis), batu empedu, pembengkakan saluran sperma (epididirilis), penimbunan cairan dalam kantung buah zakar (hiodrokel testis), keracunan tumbuhan obat atau jamur. meningkatkan penglihatan.

Pemanfaatan :

Bagian yang digunakan :
Buah masak (Xiaohuixiang, hui-hsiang).
Buah yang telah masak dikumpulkan, lalu dijemur sampai kering.

Kegunaan :
Buah bermanfaat untuk mengatasi:
*sakit perut (mulas), perut kembung, rasa perih di lambung, mual, muntah, diare.
*sakit kuning (jaundice), kurang nafsu makan,
*batuk berdahak, sesak napas (asma).
*haid : nyeri haid, haid tidak teratur,
*air susu ibu (ASI) sedikit,
*putih telur dalam kencing (proteinuna),
*susah tidur (insomnia),
*buah pelir turun (orchidoptosis),

Komposisi :
Sifat Kimiawi Dan Efek Farmakologis
Buah : buah masak mengandung bau aromafik, rasa sedikit manis, pedas, hangat, masuk mendian hati, ginjal, limpa, dan lambung.
Daun : berbau aromatik.
Minyak dan buah : minyak adas (fennel oil).

Kandungan kimia :
Adas mengandung minyak asiri (Oleum Foeniculi) 1-6%, mengandung 50-60% anetol, lebih Kurang 20% renkon, pinen, limonen, arpenren, relandren, metlichavikol, anisaldenia, asam anisat, dan 12% minyak lemak. Kandungan anetol yang menyebabkan adas mengeluarkan aroma yang khas dan berkhasiat karminatif. Akar mengandung bergapten. Akar dan biji mengandung stigniasterin (serposterin). Efek Farmakologis dan Hasil Penelitian : 1. Komponen aktifnya, anisaldehida meningkatkan khasiat streptoniycin untuk pengobatan TBC pada tikus percobaan. 2. Meningkatkan penstaltik saluran cerna dan merangsang pengeluaran kentut (flatus). 3. Menghilangkan dingin dan dahak. 4. Minyak adas yang mengandung anetol, fenkon, chavicol, dan anisaldehid berkhasiat menyejukkan saluran cerna dan bekerja menyerupai perangsang nafsu makan. 5. Dan satu penelitian pada manusia dewasa, ditemukan bahwa adas mempunyai efek menghancurkan batu ginjal. 6. Pada percobaan binatang, ekstrak dan rebusan daun adas dapat menurunkan tekanan darah. Namun, pengolahan cara lain tidak menunjukkan khasiat ini.

0 comments:

Post a Comment